Beranda > Minuman > Cara Membuat Es Puter

Cara Membuat Es Puter

Waktu kecil, paling doyan banget minum es puter, soalnya gak doyan susu jadi yah..gak suka ice cream. Tapi sekarang jarang es puter yang enak, Tanya ke tukang es gak pernah dapat jawaban yang detail, katanya sih rahasia. Browsing dapat banyak resep es puter, tapi gak dijelasin gimana cara muternya yang baik dan benar.
Resep dibawah ini, untuk membuat satu tabung ukuran M (volume cair 8 liter, volume padat 10 liter)

Untuk 250 – 300 cup es puter

Bahan untuk adonan:

4 butir kelapa / 4 kaleng susu kental manis
8 liter air
4 bungkus agar-agar
12 kuning telur
24 sdm / 200 gr maizena
4 kg gula pasir
Aneka buah diblender / essence
Pewarna makanan secukupnya
Garam secukupnya

Bahan untuk memutar es :

¾ balok es
3 kg garam krosok

Cara Pembuatan :
1. 4 btr kelapa di kupas bersih dan diparut, lalu peraslah dengan air 8 liter, jika lebih suka susu, cairkanlah 4 kaleng susu kental manis dengan 8 liter air.
2. Rebuslah santan, bersama agar-agar bubuk, garam dan gula pasir.
3. Sebelum mendidih (lebih kurang (15 menit sebelumnya), masukkan kuning telur yang dikocok lepas dan tepung maizena yang sudah diaduk dengan air secukupnya.
4. Setelah matang, matikan api baru masukkan ekstrak buah atau essence secukupnya.

Tehnik memutar es :
1. Tuang adonan yang sudah disaring kedalam tabung, adonan haruslah sudah dalam keadaan dingin, minimal suhu kamar, akan lebih baik jika adonan sudah disimpan dilemari es, karena akan lebih memudahkan pembekuannya.
2. letakkan tabung didalam wadah yang cukup besar ( kalo bisa diameter wadah 2x diameter tabung)
3. diantara tabung dan wadah letakkanlah es batu yang sudah dipecah kecil-kecil, usahakan yang rapat, agar tidak banyak rongga udara, dapat dilakukan dengan menusuk-nusukkan kayu sehingga jika masih ada rongga es batu akan turun.
4. setelah es batu tertata rapih taburkanlah gram krosoknya.
5. pemutaran dapat mulai dilakukan, sebaiknya disaat memutar tabung dalam keadaan tertutup, begitu pula dengan wadahnya, sehingga uap dingin tidak banyak terbuang keluar.
6. tabung diputar perlahan searah jarum jam, setiap 15 menit aduk-aduklah adonan, sehingga adonan yang sudah mengeras dibawah dan tepian tabung dapat bertukar posisi dengan adonan yang masih cair ditengah. Jika sudah banyak yang membeku dapat dilakukan setiap 10 menit.
7. Jika es batu sudah banyak yang mencair, keluarkan airnya sedikit demi sedikit, tambahkan kembali es batu dan garamnya
8. Alhamdulillah …….. jadi deh es puternya.

Catatan:
Jika belum terbiasa, untuk membekukan adonan satu tabung diperlukan waktu sekitar 2 jam, tetapi jika sudah mahir 1 jam saja sudah cukup.

Selamat Mencoba !!!

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: